Wednesday, November 18, 2009

Bagaimana merumahkan burung walet dengan cepat?

Pertanyaan seperti ini banyak dilontarkan oleh sebagian besar peternak walet, mulai dari yang awam sampai yang bosen dengan yang namanya trial and error.
Jawabannnya bisa seribu macam jawaban.. tergantung siapa yang menjawab. Dari sekian banyak jawaban, yang mendekati pada kebenaran fakta bisa dihitung dengan jari. Dan dari sekian jawaban yang sedikit tersebut, cuma diberikan kepada "orang-orang dekat".

Hari ini.. di blog saya ini.. saya bukan mau memberikan jawaban. Tapi sekedar mo berbagi pengalaman dan pandangan kepada "orang-orang jauh" saya.
Merumahkan walet dengan cepat itu kalau mau diuraikan satu per satu bisa jadi sebuah buku. Oleh karena itu, saya akan menulis secara garis besarnya saja.

1. Rumah walet harus berada pada lokasi daerah walet yang memiliki populasi burung yang cukup besar, atau berada pada lintasan burung yang banyak populasinya atau bisa juga pada daerah perburuan makanan walet. Ini syarat mutlak kalau mau cepat merumahkan walet. Harus ada burung walet yang banyak.

2. Memiliki suara panggil walet yang dapat mengundang minimal ratusan burung walet. Karena dari sekian ratus burung ini, hanya beberapa persen saja yang bisa cepat ditarik untuk menginap. Suara walet tiruan ini bisa dibeli dari orang yang ahli membuat suara walet tiruan. Atau bisa juga dibuat sendiri.

3. Rumah walet memiliki desain tata ruang yang benar. Tata ruang yang benar akan memudahkan walet untuk melakukan explorasi ke semua ruangan di dalam rumah walet. Jika rumah walet sudah terlanjur dibuat dengan tata ruang yang kurang tepat dan untuk memperbaikinya memerlukan biaya tinggi, maka kita bisa mensiasati kekurangan tersebut dengan bantuan penataan suara walet dan peletakan tweeter yang benar.

4. Mengusahakan fluktuasi suhu sekecil mungkin antara suhu di dalam rumah walet dengan suhu di luar rumah walet. Tetapi pada musim burung walet sedang mengerami telurnya, tidak boleh terjadi perubahan suhu yang signifikan di dalam rumah walet. Suhu harus bisa dipertahankan pada kondisi yang nyaman buat walet mengerami telurnya.

5. Memainkan suara dalam sesuai pada saat yang dibutuhkan. Terutama suara dalam pada pagi hari dan sore hari.

6. Mejaga kestabilan kelembaban, agar pada saatnya walet ingin membuat sarangnya tidak merasa berada pada tempat yang salah.

7. Menjaga dan menjauhkan rumah walet dari predator-predator burung walet dan hal-hal yang dapat mengganggu keamanan, ketenangan serta kenyamanannya.

8. Memiliki waktu yang cukup bagi pengelola rumah walet untuk memperhatikan kondisi rumah walet secara rutin dan berkala.

9. Memiliki niat dan kesanggupan untuk mewujudkan semua hal tersebut di atas.

Kalau pada no. 9 tidak ada pada Anda, lupakan soal merumahkan walet dengan cepat.

Salam..

1 comment:

  1. Mas, minta tolong masukan suara waletnya, biar kita2 bisa coba di rumah walet kita, sebab sampai sekarang masih belum ada suara walet yang benar2 dapat menarik perhatian walet. dan klo sukses kita akan terus kembangkan blog ini untuk kesejahteraan indonesia.dan saya pribadi akan jadi donatur untuk blog ini.salam kenal leo (kalimantan tengah)

    ReplyDelete